Melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi (baik di dalam maupun di luar negeri) merupakan impian banyak orang. Banyak yang mempersiapkan segala sesuatunya agar impian tersebut berhasil, salah satunya adalah mempersiapkan kemampuan berbahasa inggris yang biasa diukur melalui test TOEFL (Test Of English as Foreign Language), IELTS, dsb. Di Indonesia sendiri, ada banyak lembaga pengajaran terkait hal ini dan tentunya butuh biaya yang cukup untuk mengikuti program-program pengajaran tersebut. Namun, bagi temen-temen yang ingin belajar TOEFL (khususnya) dengan cara yang mudah dan murah, temen-temen bisa membeli buku terkait TOEFL dan mempelajarinya secara otodidak. Ada banyak jenis buku terkait TOEFL, dan temen-temen cukup menyesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran, juga dengan keuangan yang ada. Dari beragam pencarian, ada salah satu site yang cukup mumpuni bagi temen2 yang ingin belajar TOEFL dgn cara yang mudah dan murah. Saya pikir ini cocok bagi pemula, juga bagi yang ingin mengulang-ulang pembelajaran dalam rangka persiapan test TOEFL (PBT khususnya). Link yang saya maksud adalah sbb:

Belajar TOEFL MUDAH dan MURAH

Silahkan dicek ya temen-temen, niatnya ngebantuin sekaligus promosi (gpp kn ya ^_^). Bagi yang bingung, khawatir, ragu, terkait postingan saya ini, silahkan langsung tanyakan aja via BBM sy (51D4AC5D) atau komen di postingan ini, akan saya bantu, InsyaAllah. Utk pembelajarannya TOEFL sendiri yang pasti ada banyak cara yang bisa temen-temen gunakan. Saya pribadi juga belajar dari beberapa sumber (belajar otodidak ceritanya), dan link yang saya berikan tersebut InsyaAllah cukup tepat buat temen-temen sekalian. Tidak hanya yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke level yang lebih tinggi, bagi pegawai di kepemerintahan dan perusahaan juga bisa memanfaatkan hal ini, karena TOEFL saat ini tidak hanya jadi syarat di bidang akademik namun juga di karir. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. ^_^