Assalamualaikum..

apa kabar saudaraku? smoga dlm keadaan sehat dn bersemangat..:)

Tidak terasa besok adalah saat yg dtunggu-tunggu oleh tmen2 pejuang BU, mengapa? karena besok adalah hari pertama dibukanya pendaftaran peserta BU secara online..nah, gmn nih persiapannya..sudah siapkah dokumen, dsb? hmm..smbl tmn2 (dn saya) mmprsiapkn segala sesuatunya termasuk berkas/dokumen yg diperlukan, khusus untuk pendaftaran Pascasarjana IPB, sy ingin menginformasikan sekaligus mengingatkan kembali kepada teman2 khususnya yg ingin melanjutkan S2/S3 di PT IPB mengenai tahapan dan syarat yg dperlukan untuk pendaftaran secara online..berikut selengkapnya..:)

Tahapan dan Syarat

Sebelum anda melakukan pendaftaran online, baca secara keseluruhan tahapan dan syarat yang harus dipenuhi di bawah ini dengan cermat.

Tahapan dan Syarat yang harus dipenuhi bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar secara online di Sekolah Pascasarjana IPB adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftar mengakses website Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Pascasarjana pada alamat http://pmbpasca.ipb.ac.id .
  2. Klik [Proses Pendaftaran > Isi Formulir] dan isi kolom yang telah disediakan.
  3. Setelah selesai mengisi kolom pada [Isi Formulir], Pendaftar akan mendapatkan 8 karakter angka sebagai nomor pendaftaran.
  4. Nomor pendaftaran tersebut akan menjadi billkey (nomor untuk transaksi) pada saat pembayaran biaya pendaftaran yang dilakukan di Bank BNI.
  5. Dengan menggunakan nomor pendaftaran, lakukan pembayaran sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) di Bank BNI melalui Teller atau ATM atau E-Banking.
  6. Setelah melakukan pembayaran, Pendaftar akan mendapatkan PIN (12 karakter angka). PIN tersebut tercetak pada kolom Validasi Slip Pembayaran (jika via Teller), atau pada kolom No Registrasi Struk ATM (jika via ATM), atau pada kolom Nomor Registrasi Bank File Transaksi E-Banking (jika via E-Banking).
  7. Klik [Proses Pendaftaran > Verifikasi PIN] dan isi kolom yang disediakan. Pastikan klik [Proses] setelah pengisian selesai.
    1. Jika Verifikasi PIN berhasil, halaman utama Pendaftaran Online mucul dan pendaftar dapat memulai proses melengkapi data.
    2. Jika Pendaftar belum dapat melengkapi keseluruhan data, Pendaftar dapat login ke pendaftaran online kemudian meng-klik [Proses Pendaftaran > Lengkapi Data]
    3. Login ke Pendaftaran Online untuk melengkapi data dibatasi 3 kali.
  8. Pendaftar wajib mengisi Formulir A dan wajib meng-unggah (upload) beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu:
    1. Ijazah S1, Transkrip S1, dan Bukti Bayar BNI (untuk S2)
    2. Ijazah S1, Ijazah S2, Transkrip S1, Transkrip S2 dan Bukti Bayar BNI (untuk S3)
    3. TPA Bagi Pendaftar dengan IPK antara 2,00 – 2,50 (untuk S2), dan antara 3,00 – 3,25 (untuk S3)
    4. TOEFL bagi yang pernah mengikuti test (untuk S2 dan S3) dan bersifat Opsional.
  9. Selain meng-unggah (upload) dokumen tersebut pada butir 8, Pendaftar wajib mengirimkan dokumen berikut ini melalui pos dalam satu amplop yang diberi kode nomor pendaftaran di bagian pojok kanan atas amplop (Pengiriman berkas paling lambat 5 hari setelah melakukan keseluruhan proses pendaftaran online):
    1. Formulir A Online bagi yang sudah melengkapi data (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
    2. Dokumen Karya Ilmiah (Formulir B (Khusus bagi Pendaftar S3)) (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
    3. Surat Rekomendasi dari 3 nama pemberi rekomendasi (Formulir C) (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
    4. Surat Jaminan Biaya (Formulir D) (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
    5. Formulir F dan Formulir G khusus pelamar BPPS alokasi PT Penyelenggara atau Formulir 2A, 2B, 2C khusus pelamar BPPS alokasi PT Pengirim.
    6. Photo Copy Ijazah dan Transkrip yang sudah dilegalisir (Rangkap 2)
    7. Sinopsis rencana penelitian. (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
    8. Proposal lengkap, Formulir By Research(rencana studi paripurna, surat kesediaan promotor), photo copy publikasi ilmiah (khusus pelamar program doktor jalur penelitian). (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
  10. Hasil seleksi akan diumumkan melalui e-mail dan website www.pasca.ipb.ac.id.
  11. Jika data dan dokumen pendaftaran yang diberikan tidak lengkap dan tidak sesuai dengan dokumen asli pada saat proses registrasi, maka Pendaftar dianggap gugur, dan uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
  12. Untuk program internasional MIT wajib Wajib Menyerahkan Toefl dua tahun terakhir
  13. Untuk yang memilih program studi profesional Wajib menyerahkan TPA Terakhir.

Terkait dengan TOEFL, bagi tmn2 yg ingin belajar dan meningkatkan skor toeflny dlm waktu lumayan singkat, bisa klik link berikut (ngebantuin sekaligus promosi ^_^):

Belajar TOEFL Mudah dan Murah

Semoga informasi di atas dapat memberikan kemudahan bg tmn2 smua..apbla ad yg ingn dtnyakan jgn ragu untuk bertanya dn brdskusi brsma..

Semoga berkah dan bermanfaat bg kita semua..:)