Assalamualaikum..

Setelah beberapa bulan sempat vakum dikarenakan fokus pd penyelesaian skripsi saya, pd kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit cerita mengenai Beasiswa Unggulan dari beberapa instansi penyelenggara program ini, terutama dikti. Saya juga akan berbagi cerita terutama untuk teman-teman pejuang beasiswa unggulan khususnya beasiswa unggulan dalam negeri dengan kampus tujuan IPB (kampus saya saat ini).

Beberapa minggu terakhir ini telah bergulir berita dan wacana mengenai beasiswa unggulan atau yang lebih dikenal dengan BU, terutama perbincangan mengenai BU Dikti. Hal ini dikarenakan pada tahun sebelumnya, pengumuman BU Dikti telah disebarluaskan terhitung sejak pengumuman BU Dikti dimuat di laman web dikti pada tanggal 12 maret 2012 kurang lebih pada pukul 13.12. Dan saat ini, terhitung sejak saya memposting berita ini, pengumuman BU Dikti 2013 belum juga bergulir. Saya sendiri secara pribadi sudah mencoba mencari tahu informasi mengenai BU ini mulai dari teman sesama pejuang BU, kakak tingkat saya di IPB yang mendapat BUDN dan BU Double Degree, Dosen IPB terutama dosen departemen Arsitektur Lanskap IPB, dan informasi dari dunia maya. Sejauh ini, saya dan teman-teman di Departeman Arsitektur Lanskap masih terus memantau dan menunggu perkembangan BU Dikti ini. Sembari menunggu, saya dan teman saya mencoba untuk melengkapi persyaratan yang kemungkinan nanti akan dibutuhkan untuk pendaftaran BU, dan untuk itu, saya juga sangat menyarankan kepada teman2 skalian yang baru saja lulus sarjana dan menginginkan beasiswa unggulan ini (untuk program master) untuk segera mempersiapkannya juga. Berkas-berkas yang harus dipersiapkan tersebut utamanya adalah ijazah program sarjana dan transkrip nilai. Berkas lainnya yang turut mendukung adalah sertifikat TOEFL, sinopsis usulan tesis, rekomendasi dosen dan surat penugasan pelaksanaan kuliah, dll. Namun, apabila berkas tersebut belum lengkap, biasanya teman2 tetap bisa mendaftar dahulu dan bisa melengkapi kemudian (khususnya mendaftar via online). intinya, sembari menunggu pengumumunan BU 2013 diluncurkan, sebaiknya kita mulai melengkapi berkas2 yang diperlukan.

Terkait BU ini sendiri (terutama BUDN/ Beasiswa Unggulan Dalam Negeri), beberapa instansi perguruan tinggi negeri secara pribadi telah mengumumkan pembukaan penerimaan mahasiswa baru pascasarjana, termasuk dari jalur BU ini. Salah satu perguruan tinggi tersebut adalah IPB (Institut Pertanian Bogor). Untuk jalur BU dan BPPS, IPB memberikan tenggat waktu pendaftaran sampai tanggal 30 april 2013, berbeda dengan jalur reguler yang diberikan tenggat waktu sampai bulan Juni (untuk informasi lebih lengkap sila kunjungi web pmb pasca ipb di pmbpasca.ipb.ac.id). Beberapa waktu sebelumnya saya juga mendapat informasi bahwa ITS dan ITB juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru termasuk dari jalur BU (klik disini untuk ITS dan klik disini untuk ITB). Untuk ITS, BU yang dibuka berasal dariĀ  BPKLN (Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri) karena memang penyelenggara BU ini selain dari dikti dan swasta, juga dari salah satu biro di kemdikbud ini. Untuk lebih lengkap silahkan kunjungi laman web dari institusi penyelenggara BU seperti Dikti, dll.

Untuk saat ini, mungkin belum banyak yang bisa saya share ke teman2 sekalian terkait BU 2013, dikarenakan memang pengumumannya belum termuat di laman web penyelenggara BU. Namun, InsyaAllah apabila ada update informasi terbaru terkait BU 2013 akan saya share ke teman2 skalian, dan harapannya kita bisa saling share dan diskusi bersama. Apabila ada yang ingin ditanyakan jangan ragu untuk memberikan komentar dan pertanyaan. Terkait informasi yang saya sampaikan dan yang akan saya sampaikan, InsyaAllah merupakan informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan, dan mohon maaf bila ada yang kurang berkenan, karena tidak lain postingan ini saya buat murni untuk saling berbagi dan menyemangati, dan semoga berkah dan manfaat utuk kita bersama, aminnn…