Beberapa gaya pada desain lanskap cukup berbeda satu sama lain. Hal ini sangat menunjang adanya perbedaan kategori pengelompokan gaya/corak pada desain lanskap. Terdapat beberapa pandangan pengelompokan gaya atau corak pada desain lanskap tersebut.Berikut penjelasannya:

1.Kategori pengelompokan berdasarkan nilai estetika yang diterima pengamat/pengguna: berdasarkan pandangan ini, terdapat dua kelompok berbeda yang kemudian disebut dan dikenal sebaga gaya Classic dan gaya Romantic. Banyaknya hasil desain yang ada pada zaman dahulu boleh jadi dimasukkan pada gaya Classic.Hal ini dikarenakan adanya karakteristik yang sama antara hasil desain tersebut dengan karakteristik gaya Classic itu sendiri. Secara umum dan mendasar, gaya classic ini dicirikan dengan adanya ketenangan, suatu kendali, kehalusan dalam bentukan desain dan bersifat formal. Gaya classic ini pada awalnya dibuat atau diperkenalkan oleh nenek moyang dari bangsa Roma dan Italia. Suatu hal yang berbeda sebaliknya ditunjukkan oleh gaya Romantic.

2.Kategori pengelompokan berdasarkan bentuk dan hubungan ruang dari objek pada desain lanskap: Berdsarkan kategori ini, gaya atau corak pada desain lanskap dibedakan menjadi dua, yakni Formal dan Inforrmal. Pada desain formal, objek dibentuk atau disusun berdsarkan hubungan geometrik yang mana memiliki sentral axis dan mennunjukkan adanya unsur keseimbangan, sedangkan desain informal tidak disusun secara geometrik, namun lebih kepada bentuk organik. dan,

3. Kategori pengelompokan berdasarkan asas atau prinsip yang diekpresikan oleh seorang designer: berdasarkan kategori ini, gaya/corak pada desain lanskap dibedakan menjadi dua yakni berasaskan manusia dan berasaskan alam.

(Sumber: Book of Introduction to the study of landscape architecture)