Renaissance garden

Desain lanskap mengenal begitu banyak tipe atau bentuk desain. tidak terkecuali corak-corak yang memiliki nilai sejarah. apabila ditelisik, corak ini memiliki runtutan panjang dalam kisah perjalanannya. pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menjabarkan sedikit resume atau kesimpulan dari sub chapter sebuah buku yang berjudul ” Introduction to the Study of Landscape Architecture”.

Sebagaimana yang kita ketahui, sebagian besar lanskap bersejarah di dunia terletak di negara-negara di eropa, tidak terkecuali Italia. Negara ini begitu banyak menelurkan desainer-desainer lanskap berikut dengan hasil karyanya. namun, hanya sebagian besar yang terekspose dan kemudian menjadi terkenal dan dikenal hingga saat ini. hasil desain tersebut salah satunya adalah Florentine Renaissance Garden. Mungkin sebagian dari kita pernah mendengarnya, namun pernakah kita tahu asal-usul dari nama tersebut?

Berdsarkan buku ” Introduction to the Study of Landscape Architecture” dikatakan bahwasanya berbagai macam gaya bersejarah yang kita temukan dimana satu dengan yang lainnya memiliki nama yang berbeda adalah tidak lain diambil dari nama orang yang menemukan gaya tersebut atau berdasarkan negara dimana gaya tersebut ditelurkan/dihasilkan. bahkan terkadang disisi lain nama-nama tersebut berasal dari gabungan keduanya (nama sang penemu dan negara asalnya). Hal ini kemudian kita kenal sebagai corak/gaya Italia pada desain lanskap. Disisi lain, terdapat juga suatu paham penamaan yang didasarkan dari periode waktu dan lokasi. hal ini diawali karna terjadinya perubahan budaya dan paham seiring berjalannya waktu. Florentine Renaissance Garden yang disebutkan di atas merupakan salah satu contohnya. Florentine merupakan nama kota yakni Florentina di Italia dan Renaissance adalah nama periode waktu atau zaman yang terdapat di Italia

~edu