Kathryn Gustafson

Kathryn Gustafson (1951) adalah seorang arsitek lanskap berkebangsaan amerika dan juga seorang artist.Desain yang dibuat oleh Kathryn selalu selaras/ harmoni, karena memang Harmoni adalah kunci dari desain pekerjaan seorang Kathryn Gustafson. Dia mengatakan bahwasanya desain adalah tentan harmoni antara tubuh, pikiran dan perasaan, dan harmoni antara tapak di masa lalu dan bagaimana tapak itu bisa beradaptasi di masa yang akan datang. Kathryn mengkombinasikan unsure harmoni ini dengan style kontemporer and artistic. 20 tahun pengalamannya dalam seni lanskap juga diawali dan diikuti dengan awal karirnya sebagai desainer pakaian di New York dan Paris. Sebagaimana Ia menemukan style-ny, Kathryn bekerja dengan berbagai ahli dari disiplin ilmu yang saling berkaitan seperti Jacques Sgard (arsitek) Igor Mitoraj (pematung) dan Pompidou (seorang teknisi ahli struktur). Banyak dari proyeknya berada di Perancis sampai Dia menempatkan kantornya di Seattle dan London pada tahun 1997. Sekarang, Kathryn menjadi salah satu arsitek lanskap terbaik di dunia, dan memenangkan the Jane Drew architecture prize in 1998. and prestigious Chrysler Award in 2001.

Proyek:

1. LeMay Museum

2. L’Oreal Factory

3. Corixa Headquarters

4. Lurie Garden

5. University of Michigan: Museum of Art

6. Washington Canal Park

7. Lakeshore Residence

8. Esso Headquarters

9. Diana Memorial Fountain

Penghargaan:

1. National Heritage of the 20th Century (2007)

2. Finalist: Cooper Hewitt National Design Awards for Landscape Design (2005)

3. Remarkable Garden (2004)

4. Design Merit Award (2003)

5. Chrysler Design Award (2001)

6. Honorary Fellow (1999)

7. Jane Drew Prize (1998)

8. Architectural Medal Decoration (1993)

9.Royal Designer for Industry U.K (RDI: 2005)

10. American Society of Landscape Architects: Gold Medal (2008)

“I’m very connected to the land.. I can feel it physically inside me.” Katrhyn Gustafson

 

Kelebihan dan kekurangan Katrhyn Gustafson

Kelebihan     : Dalam desain yang dihasilkannya, Kathryn lebih mengutamakan Harmoni sebagai prinsipnya, dan hal ini adalah sangat  penting agar tercapai keselarasan dengan alam, masa lalu dan masa yang akan datang. Kathryn juga adalah salah satu dari sekian banyak arsitek lanskap terbaik di dunia dan memenangkan berbagai penghargaan.

Kekurangan         : Karya Kathryn belum banyak tersebar di berbagai daratan di dunia, namun sebagian besar berada di perancis dan sekitarnya.